Sosialiasi Kegiatan Penanaman Kawasan DTA Danau Toba Desa Parsingguran I Program CSR PT. Indonesia Asahan Aluminium (Persero) Kerjasama dengan PT INHUTANI IV

Selasa, 20 September 2017.

Trianom Wahyudi S.Hut, MM, selaku Kepala  PT Inhutani IV Unit Sumut Aceh bersama dengan Erwin Setiadi selaku Manager CSR  PT Inalum melakukan  sosialisasi   PENANAMAN   DAERAH TANGKAPAN AIR (DTA) DANAU TOBA  SELUAS 60 HA  di Desa Parsingguran I, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara. 

Dalam sosialisasi tersebut dihadiri Camat Pollung, Kepala KPH XIII, Kepala Desa Parsingguran I serta warga masyatakat Desa Parsingguran I. Kegiatan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero )/ PT Inalum dengan PT Inhutani IV yang ditanda tangani pada tanggal 14 Juli 2017.

Kegiatan CSR DTA Danau Toba merupakan tindaklanjut dari Nota Kesepahaman antara Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara pada  Tanggal 17 April 2017 tentang Rehabilitasi Lahan Kritis pada DTA Danau Toba serta Perjanjian Kerjasama antara Direktur Jenderal PDASHL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan BUMN/BUMS di Danau Toba Kabupaten Simalungun – Sumatera Utara.

Selanjutnya Direktur Konservasi Tanah dan Air Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menginstruksikan kepada PT Inhutani IV untuk berkordinasi dengan BUMN/S yang berkomitmen dalam Rehabilitasi DTA Danau Toba. 

Selain PT Inalum , PT Inhutani IV sebelumnya telah selesai melakukan penanaman DTA Danau Toba kerjasama dengan Perhutani Grup seluas 100 Ha, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk seluas 20 Ha plus 1 Embung. ( http://www.inhutani4.co.id/detail-berita.php?title=Serah%20Terima%20Embung%20CSR%20DTA%20Danau%20Toba%20di%20Kecamatan%20Pematang%20Sidamanik.&id=1 )

Jangka waktu kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) DTA Danau Toba adalah selama 3 (tiga) tahun dengan kegiatan sebagai berikut :

a. Sosialisasi 

b. Pembentukan Kelembagaan / Kelompok Tani di Desa

c. Persiapan Lapangan 

d. Penyediaan Bibit / Persemaian

e. Penanaman

f. Pemeliharaan Tahun Berjalan (P0)

g. Pemeliharaan Tahun Pertama (P1)

h. Pemeliharaan Tahun Kedua (P2)

i. Evaluasi dan Monitoring